Website Berbasis WordPress??

By | Juli 15, 2019

Dalam menciptakan sebuah website memang banyak cara yang sanggup digunakan. Beberapa orang cukup nyaman memakai HTML, ada pula yang merasa perlu memakai Joomla, kemudian jikalau sudah merasa advance menggunakan CSS sanggup jadi pilihan.

Tapi dari aneka macam cara menciptakan sebuah website, ada satu cara yang paling terkenal diantara para web develoer. Apa itu? Ialah memakai WordPress.
Perlu diketahui sebelumnya, wordpress yaitu website yang digunakan pengguna internet untuk menciptakan sebuah blog gratisan sampai berbayar. Ada 2 jenis wordpress, yaitu wordpress self-host yang sanggup diakses di wordpress.org sedangkan yang satu lagi yaitu wordpress dengan hostingan dari wordpress sendiri yang sanggup diakses di wordpress.com. Untuk gosip tambahan, wordpress ditemukan oleh Matthew Charles Mullenweg diumur yang masih belia yaitu 18 tahun.

Membuat Website dengan WordPress

Sebenarnya apa yang akan dibahas berikut ini yaitu pengetahuan dasar perihal apa saja yang ada di dalam sebuah website, bedanya kali ini wordpress menjadi fokus utamanya. Mungkin saja tak akan jauh bedanya dengan cara lain yaitu HTML, Joomla & CSS.
Lalu apa saja elemen-elemen di dalam sebuah website, khususnya berbasis WordPress? Berikut diantaranya.

1. Hosting

Setiap website memerlukan sebuah hosting, baik itu hosting lokal maupun luar negeri. Jika website yaitu sebuah rumah, maka hosting sanggup diibaratkan “tanah” dari web tersebut. Sebesar apa rumah anda tentu tergantung dari “tanah” yang tersedia bukan? Maka hosting sanggup kita pilih menurut kapasitas mereka, mirip menentukan tanah ingin luas berapa.
Hosting akan memuat besar data yang ditanggung oleh website anda, contohnya konten artikel, foto & video, traffic dan lain-lain. Maka jikalau sebuah website sudah berisikan banyak konten, pengunjung ramai, maka diperlukan hosting yang besar pula utnuk menanggung beban website anda.

2. Domain

Jika kita masih memakai analogi rumah, jikalau hosting yaitu “tanah” dari website kita maka domain yaitu “alamat” dari website kita. Jika kita ingin mengunjungi rumah teman, tentu kita tidak akan menemukannya jikalau alamat rumah sahabat tersebut tidak kita ketahui kan?
Maka domain akan memudahkan orang untuk mengakses website kita. Beberapa jenis domain diantaranya adalah: .com (terpopuler dan Internasional), .co.id & web.id (website Indonesia saja), .co, .ac.id (situs akademik Indonesia), .tk (biasanya domain gratis) dan masih banyak lagi jenis-jenisnya.

3. CMS (Content Management System) WordPress

Nah, ini yang membedakan website berbasis HTML, Joomla, CSS, dan lain-lain dengan WordPress. Saat anda ingin memakai wordpress dalam me-menej web anda, maka diharapkan instalasi wordpress biar sanggup di install pada cPanel hosting anda.
Dengan CMS WordPress ini, anda sanggup mengatur konten apa saja yang ingin anda tampilkan pada website anda. Dari artikel apa saja, foto & video apa yang ingin dibagikan, bagaimana tampilan website anda, bagaimana navigasinya, warna, palette, logo hingga design, dan banyak lagi yang sanggup diatur dalam CMS ini. Beberapa kemudahan dasar yang perlu diketahui pada CMS WordPress adalah:
  • Dashboard : Tempat dimana anda sanggup melihat “beranda” anda sebagai admin pada web anda
  • Post : Digunakan untuk memposting artikel baik goresan pena saja, ataupun dengan foto & video
  • Media : Tempat dimana foto & video disimpan dengan namanya masing-masing
  • Link : Tempat anda menyimpan link-link penting yang akan anda tampilkan nantinya
  • Pages : Untuk menciptakan halaman-halaman pada website anda, seperti: HomeAboutContact Us, dll.
  • Comments : Tempat dimana komentar pengunjung sanggup dimoderasi
  • Feedback : Tempat mendaratnya hasil dari isian form atau poling dari pengunjung website anda.
  • Appearance : Opsi ini digunakan untuk mengatur design tampilan website anda, baik posisi layout, tema yang akan dipakai, interface yang akan dihadirkan kepada pengunjung
  • Plugin : Berbagai macam tools yang sanggup anda download dari aneka macam developer untuk memperbagus performance website anda. Silahkan lihat koleksi dari wordpressnya disini
  • Users : Tempat para user men-setting profil mereka, ini mempunyai kegunaan jikalau admin web lebih dari satu
  • Tools : Jika pada plugin adalah alat semacam extras atau tambahan, tools disini yaitu alat bawaan dari wordpress yang gratis.
  • Setting : Alat untuk men-setting hal-hal umum pada WordPress anda.
Itulah hal-hal dasar yang perlu anda kenali sebelum menciptakan sebuah website, baik itu HTML, Joomla, CSS maupun WordPress sendiri. Makara jikalau anda lebih familiar dengan cara selain WordPress tersebut, maka tinggal ganti poin ke-3 dengan cara pilihan anda (HTML, Joomla, CSS). Tapi untuk membahas yang lainnya akan ada waktunya nanti.
Meskipun banyak cara lain, aku tetap menyarankan untuk memakai WordPress. Karena selain sudah banyak yang menggunakannya, gampang (banyak tersedia template design gratis, plugin, dll), juga sanggup dibentuk sesuai harapan kita sebagai pemilik website.
Makara bagi anda yang sering bermain internet, browsing sana-sini tapi belum mempunyai website? berarti anda sudah jauh tertinggal dengan orang-orang lainnya. Selamat mencoba! (Raf)